Desain Minimarket 2 Lantai



Perspektif Minimarket 2 Lantai

Salah satu unit koperasi di wilayah Bekasi, Jawa Barat membutuhkan jasa kami untuk mendesain sebuah bangunan yang akan difungsikan sebagai minimarket. Lahan berukuran 9 meter x 13 meter disediakan untuk pendirian bangunan 2 lantai. Fungsi-fungsi yang akan ditempatkan pada bangunan ini antara lain : 

1. Minimarket koperasi Masjid
2. Gudang barang
3. Kantor pengelola koperasi Masjid
4. ATM Center

Lahan yang berbentuk sedikit miring kami tempatkan bangunan dengan siku dari bagian kanan dan belakang, sehingga bagian depan mendapatkan sisi yang miring yang akan difungsikan sebagai sedikit lahan parkir. Karena minimnya luasan lahan depan, maka hanya memungkinkan untuk parkir motor sebanyak kurang lebih 8 unit sepeda motor. Sedangkan untuk parkir mobil dapat menempatkan lahan parkir yang disediakan oleh Masjid. 

Struktur Utama Bangunan


Struktur penguat bangunan ini direncanakan menggunakan struktur baja WF dengan pondasi cakar ayam atau pondasi tapak setempat. Alasan penggunaan struktur baja WF ini adalah untuk kecepatan waktu konstruksi dimana jika menggunakan kolom beton akan memakan waktu beberapa minggu lebih lama. Selain itu penggunaan struktur baja akan membuat beban struktural bagian atas akan lebih ringan. Jarak antar grid 4,5 dan 4 meter cukup untuk menopang lantai 2 dan dak lantai atap serta tidak banyak mengganggu aktifitas utama dilantai 1 yaitu minimarket. Profil baja yang digunakan untuk kolom adalah baja H-Beam 300, untuk balok menggunakan WF 300, dan untuk pondasi menggunakan tapak setempat ukuran 1m x 1m dengan kedalaman 1,4 meter. 



Struktur Minimarket 2 Lantai




Denah & 3D Lantai 1 Minimarket 2 Lantai


Denah Lantai


Denah lantai secara umum akan menggambarkan fungsi ruang pada bangunan yang ditempatinya. Untuk lantai 1 seperti minimarket pada umumnya kami tempatkan area display barang atau area belanja yang akan menjadi tempat berkunjungnya kostumer minimarket. Penyusunan tata letak dilantai ini sangat penting agar pengalaman kostumer berbelanja dapat dirasakan nyaman dan efisien. Di lantai ini juga ditempatkan 3 slot ATM untuk disediakan bagi tenant bank yang ingin menempatkan unit ATM di minimarket ini. 

Dibagian kanan belakang lantai 1 kami tempatkan tangga untuk menuju ke lantai 2. Dimana lantai 2 berisi gudang penyimpanan stok barang serta kantor pengelola koperasi yang dilengkapi oleh ruang meeting. 


Denah & 3D Lantai 2 Minimarket 2 Lantai


Untuk desain tampilan depan kami tidak banyak bereksperimen mengolah tampak karena kesan yang akan ditampilkan adalah sesimpel mungkin namun tetap mencolok sehingga lalu lintas yang melewati jalan akan langsung mengidentifikasi bangunan ini sebagai minimarket. Diharapkan dengan kesan yang simpel masyarakat yang lewat dapat singgah tanpa berpikir panjang untuk mencari kebutuhan mereka disini. 

Jika anda memiliki rencana untuk membangun sebuah minimarket, ruko atau unit usaha lainnya yang membutuhkan perencanaan bangunan, tidak usah ragu untuk mengubungi kami. Kami adalah tim Arsitek yang akan membantu anda merencanakan bangunan dengan biaya yang pastinya bersahabat serta terjangkau. Buktikan saja dengan menghubungi kami menggunakan tombol whatsapp dibawah.