Desain Rumah 2 Lantai Dengan Kios Bengkel


3D Perspektif 


Latar Belakang

Rumah ini merupakan rumah pengembangan yang kami rancang untuk klien kami yaitu seorang mekanik motor. Klien menunjuk kami sebagai jasa arsitek untuk merencanakan dan mendesain hunian yang nantinya dapat mengakomodasi kebutuhan keluarga yang bertambah. Klien kami memiliki dua orang anak yang masih di usia sekolah dasar. Kami juga diminta untuk memberikan ruang khusus bagi praktek bengkel motor dibagian depan rumah. Sebagai arsitek kami akan berusaha memenuhi semua kebutuhan tersebut.


Kebutuhan Ruang

Dari rumah yang dimiliki sekarang yang 1 lantai dan 1 buah kamar tidur, ingin dikembangkan menjadi dua lantai dengan penambahan kamar tidur dilantai atas.

Selain permintaan diatas, klien kami juga meminta agar dibagian depan rumah terdapat sebuah ruang untuk digunakan sebagai bengkel motor. Disini klien kami ingin agar kegiatan servis motor mendapatkan tempat sendiri untuk kelancaran usaha. Kami menempatkan ruang bengkel ini disamping teras depan yang merupakan akses utama kedalam rumah. Bengkel ini berukuran 3,2 x 3,1 meter persegi dan sudah dirasa cukup untuk mengembangkan usaha di masa-masa awal. 


Denah Lantai 1 & Lantai 2


3D Plan Lantai 2



3D Plan Lantai 1


Rencana Denah Arsitektur Lantai 1


Pada rancangan denah dapat terlihat bahwa akses utama rumah ini dapat melalui teras dan menuju ruang tamu. Karena minimnya lahan, kami berusaha menyusun ruangan agar tetap dapat berfungsi optimal ditengah keterbatasan. Kami menempatkan dapur dan ruang makan dengan posisi agak mundur namun tetap menyatu dengan ruang depan sehingga memberi kesan luas pada area ini. Dari area open space ini kita dapat menjangkau kamar, toilet, serta tangga yang menuju ke lantai 2


Rencana Denah Arsitektur Lantai 2

Memasuki lantai 2, kita akan temukan ruang keluarga yang cukup nyaman berada dilantai dua. Dikarenakan lantai 1 sudah ditempatkan ruang makan dan dapur, maka ruang keluarga kami arahkan untuk berada diatas. Namun sisi baiknya adalah keberadaan ruang keluarga dilantai ini dirasakan cukup tepat karena memiliki privasi keluarga yang cukup karena hanya ada kamar-kamar dilantai ini, dilengkapi toilet dan balkon segala macam kebutuhan untuk berkumpul keluarga dapat dipenuhi disini. Selain itu posisinya yang berbeda lantai dengan bengkel membuat kebisingan di bengkel tidak mencapai ruangan ini.


Rencana Kamar Tidur

Rumah ini memiliki 3 kamar tidur, 1 kamar anak berada di lantai 1, kamar utama berada dibagian depan lantai 2, dan kamar anak kedua berada dilantai 2. Kamar tidur utama berukuran 3,5 x 3,1 meter persegi. Kamar tidur anak berukuran 2,7 x 3,1 meter persegi. Untuk ukuran kamar anak ukuran tersebut sudah cukup untuk menampung aktifitas anak untuk belajar dan beristirahat.


3D Perspektif 


Rencana Tampak Depan

Klien kami menginginkan tampak muka bangunan yang simpel, tidak banyak ornamen, namun terlihat manis dan modern. Dari beberapa percobaan pembuatan tampak, klien kami memilih desain ini karena bentuknya yang sederhana namun tetap enak dilihat. Selain itu keberadaan balkon serta kanopi beton membuat nuansa rumah terlihat teduh dan bersahabat.

Aksen warna hijau dan krem ditampilkan pada fasad bangunan diiringi dengan lapisan batu alam travertine membuat rumah ini terlihat terkomposisi dengan manis. 


3D Perspektif 

3D Aerial

Tampak Depan & Tampak Belakang


Potongan 1

Tentang Mutiara Expose


Dalam mendesain rumah, kami sebagai arsitek selalu berupaya memberikan susunan rencana ruangan yang terbaik dari lahan yang tersedia. Ruangan yang dibutuhkan klien kami akan berusaha kami penuhi kebutuhannya selama masih memungkinkan. Jika tidak memungkinkan akan didiskusikan kembali ke klien bagaimana opsi yang terbaik untuk skala prioritas ruangannya. 

Jika anda membutuhkan jasa arsitek yang mengutamakan kebutuhan klien dan memberikan sentuhan arsitektural pada susunan ruangan dan tampak muka bangunannya, hubungi kami untuk merencanakan kebutuhan bangun baru atau renovasi rumah anda. Biaya yang dikenakan sesuai dengan nilai pekerjaan yang umumnya adalah 1 hingga 3 persen dari nilai proyek. Dari presentase tersebut, masih dapat dinegosiasikan sesuai dengan bujet klien. 

Jadi jangan tunda-tunda untuk menghubungi jasa kami karena nilai bangunan yang terbaik akan ada jika kita melakukan perencanaan dengan baik. Kami adalah arsitek yang akan mendampingi anda mendapatkannya. 

Mutiara Expose Arsitektur & Interior
Whatsapp / Call : 0812-9377-9257
Email : mutiaraexpose@gmail.com